Rabu, 09 Maret 2016

Manajemen Layanan Sistem Informasi

Manajemen Layanan Sistem Informasi
 adalah sistem perencanaan bagian dari pengendalian internal suatu bisnis yang meliputi pemanfaatan manusia, dokumen, teknologi, dan prosedur oleh akuntansi manajemen untuk memecahkan masalah bisnis seperti biaya produk, layanan, atau suatu strategi bisnis.


Proses Manajemen
Proses manajemen didefinisikan sebagai aktivitas-aktivitas:

Perencanaan, formulasi terinci untuk mencapai suatu tujuan akhir tertentu adalah aktivitas manajemen yang disebut perencanaan. Oleh karenanya, perencanaan mensyaratkan penetapan tujuan dan identifikasi metode untuk mencapai tujuan tersebut.
Pengendalian, perencanaan hanyalah setengah dari pertempuran. Setelah suatu rencana dibuat, rencana tersebut harus diimplementasikan, dan manajer serta pekerja harus memonitor pelaksanaannya untuk memastikan rencana tersebut berjalan sebagaimana mestinya. Aktivitas manajerial untuk memonitor pelaksanaan rencana dan melakukan tindakan korektif sesuai kebutuhan, disebut kebutuhan.
Pengambilan Keputusan, proses pemilihan di antara berbagai alternative disebut dengan proses pengambilan keputusan. Fungsi manajerial ini merupakan jalinan antara perencanaan dan pengendalian. Manajer harus memilih di antara beberapa tujuan dan metode untuk melaksanakan tujuan yang dipilih. Hanya satu dari beberapa rencana yang dapat dipilih. Komentar serupa dapat dibuat berkenaan dengan fungsi pengendalian.
Menurut Francisco Proses Manajemen adalah suatu proses Penukaran terhadap nilai dan jasa.


 
Penyedia Layanan Sistem Informasi

Yang akan menyediakan layanan Sistem Informasi yaitu Badan SistemInformasi (BSI). Dalam menjalankan tugas yang diemban, Badan SistemInformasi (BSI), bertekad menjaga komitmen dalam hal :

- Kualitas BSI akan berusaha menyediakan produk dan layanan yang berkualitas sesuai kebutuhan komunitas end-user.

- Akuntabilitas BSI akan mempertanggungjawabkan semua sumberdaya yangdigunakan dalam menjalankan tugasnya.

- Berorientasi pengguna BSI akan menyediakan produk dan layanan secara profesional dan menempatkan kepuasan end-user sebagai ukuran kesuksesan.

- Nilai tambah BSI akan berusaha memberikan produk dan layanan yangmemungkinkan sivitas akamedika menjadi yang terbaik dalam pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat.

- Kelincahan dan responsivitas BSI akan secara aktif merespon kebutuhan akan produk dan layanan baru.

- Integritas BSI akan berusaha menjalankan apa yang telah direncanakandengan menjaga nilai-nilai saling menghormati dan kejujuran dengan pihak- pihak lain yang terkait.


Pembangunan Sistem Informasi

Tujuan dibuatnya sistem informasi manajemen adalah untuk memenuhikebutuhan informasi umum semua manajer dalam perusahaan atau dalamsubunit organisasional perusahaan. SIM menyediakan informasi bagi pemakaidalam bentuk laporan dan output dari berbagai simulasi model matematika.Tujuan utama dibuatnya sistem informasi adalah penyediaan informasi untuk  berbagai tujuan kegiatan manajerial, dan penyediaan informasi yangdibutuhkan dalam berbagai tingkat operasi di dalam organisasi. Dalam hal penyediaan informasi ini yang perlu diperhatikan adalah :

- Data harus dapat diakses dan dikeluarkan dengan mudah dari sistemkomputer.

- Setelah dikeluarkan hendaknya data dapat diproses dengan cepat danefisien. 



Mampu meningkatkan persaingan bisnis secara global (melakukan pengelolaan dan pengawasan pasar global:
a. Pengawasan tingkat pelayanan dan tingkat biaya, pelayanan penyebaraninformasi dengan menggunakan global network. b.

b. Perencanaan strategi peruahaan dan kebijakan (mengetahui selerakonsumen, peluang pasar di tempat lain.c.

c. Pengambilan keputusan untuk pengembangan produk dan ekspansi (dgnadanya strategi perusahaan maka akan bisa mengembangkan produk danmapu bersaing di pasar global dan terbetnuk kelompok kerja yang meluasdn membentuk sistem delivery yang luas). 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar